Rabu, 14 September 2016

Keutamaan Air Zam-zam dan Anjuran untuk memperbanyak minum, agar terhindar dari Ciri kemunafikan

Sumur dan Air Zam-zam adalah merupakan Mu'jizat yang Allah SWT berikan dengan perantara (bayi) Nabi Ismail A.S yang sampai sekarang masih dapat dijumpai bahkan dinikmati oleh Umat Manusia. Dan sumur-nya sempat mengering, bahkan keberadaan-nya tidak ada seorangpun yang mengetahuinya selama berabad-abad, hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya dan merajalelanya perilaku dan tindakan kemusyrikan di sekitar Baitullah/Ka'bah.

Hingga suatu malam, sebelum kelahiran Rasulullah saw, Abdul Muthalib, Kakek Nabi SAW, bermimpi, didalam mimpinya beliau  didatangi suara ghaib yang menyuruh beliau untuk menggali sumur zam-zam kembali, yang posisinya persis ditempat sumur zam-zam semula. Ketika digali, dengan izin Allah SWT, maka keluarlah Air dari sumur Zam-zam, selanjutnya beliau mempersilahkan siapa saja untuk meminum air zam-zam tersebut, dan beliau lah sebagai orang yang berhak memberi minum air zam-zam sekaligus sebagai pemelihara-nya.

Pada saat pembebasan kota makkah al-mukarromah yang dikenal dengan peristiwa Fathuh Makkah, Rasulullas SAW memberikan tanggung jawab pengelolaan dan pemeliharaan Sumur Zam-zam kepada Abbas Ibn Abdul Muthalib (Paman Beliau), sebagaimana tercantum dalam Akhbar Makkah li al Azraqy, 2/42, 65; Syifa' al-Gharam, 1/247.

Dahulu kala air zam-zam diambil dengan gayung atau timba. Kemudian dibangun pompa air pada tahun 1373 H atau tahun 1953 Masehi. Pompa ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air. Pompa juga menyalurkan ke kran-kran yang ada di sekitar sumur zam-zam.

safanatour.com/sumur zam-zam


Sumur zam-zam terletak kira-kira 21 meter dari Ka'bah. Dari mata air ini, terdapat celah ke arah Hajar Aswad dengan panjang 75cm dengan ketinggian 30cm yang juga menghasilkan air sangat banyak.

Ada pula celah ke arah pengeras suara dengan panjang 70cm dan tinggi 30cm, di samping beberapa celah kecil lainnya ke arah Shafa dan Marwa. (Sejarah Makkah, Muhammad Ilyas Abdul Ghani)

Berikut beberapa Keutamaan dan Keistimewaan Air Zam Zam

1. Air Zam-zam berasal dari mata air syurga

2. Merupakan mata air pemberian Allah SWT atas do'a Nabi Ibrahim AS

3. Menjadi faktor penentu hidup dan perkembangan kota Makkah.

4. Merupakan bukti nyata kekuasaan Allah di tanah suci.

5. Menjadi ni'mat agung serta membawa manfaat besar bagi Masjidil Haram

6. Sebaik-baik jenis air di muka bumi.

Air yang berasal dari sumur zam-zam, sudah dilakukan beberapa tes dengan teknologi terkini ternyata hasilnya sangat menakjubkan, semakin memperbesar keimanan kita kepada Allah SWT, tidak ada air dimuka bumi ini yang lebih bagus dari air zam-zam, meskipun air tersebut diolah dengan teknologi modern sekalipun.

7. Munculnya melalui perantara malaikat Jibril

8. Berada di tempat paling suci di muka bumi.

9. Air yang digunakan untuk mencuci hati Rasulullah SAW lebih dari satu kali

10. Rasulullah pernah memberkatinya dengan air ludah beliau.

11. Air yang dapat berfungsi sebagai makanan sekaligus obat penyembuh berbagai macam penyakit.

Diriwayatkan dalam kitab Shahih Muslim bahwa Nabi bertanya kepada Abu Dzarr, yang telah tinggal selama 30 hari siang malam di sekitar Ka'bah tanpa makan-minum, selain Zamzam. “Siapa yang telah memberimu makan?” Jawab Abu Dzarr, “Saya tidak punya apa-apa kecuali air Zamzam ini, tapi saya bisa gemuk dengan adanya gumpalan lemak di perutku” Abu Dzarr menjelaskan, “Saya juga tidak merasa lelah atau lemah karena lapar, dan tak menjadi kurus”. Tambah Abu Dzarr. Lalu Nabi saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, Zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”.
Nabi saw menambahkan: “Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah saw pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi dan tempat air dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah. Air zamzam itu digunakan Rasulullah saw untuk memerciki orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.

12. Dapat menghilangkan pusing kepala.

13. Jika diminum dengan niat kebaikan, Allah akan mengabulkannya.

14. Keiginan untuk mengetahui seluk beluknya merupakan tanda keimanan dan memperbanyak minumnya menjauhi sifat nifaq (munafik).
”Seperti apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan selainnya dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anuma bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:Dan di antara Sunnah ketika minum zam zam adalah memperbanyak minum hingga Tadhallu’. Sementara Tadhallu’ adalah meminumnya dengan banyak hingga memenuhi lambungnya. An-Nihaayah, Ibnul Atsir (III/97).
Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunannya (II/1017) kitab al-Manaasik bab asy-Syurbu min Zamzam, dalam hadits ini terdapat kisah. Al-Bushiri berkata, “Sanadnya shahih, perawi-perawinya dipercaya.” Misbaahuz Zujaajah (III/34), diriwayatkan oleh ad-Daraquthni dalam Sunannya (II/288) dan al-Hakim dalam al-Mustadrak (I/472) kitab al-Manaasik dan ‘Abdurrazzaq dalam al-Mushannif (V/113).“Sesungguhnya tanda antara kita dengan orang-orang munafik adalah bahwasanya mereka tidak memperbanyak minum air zamzam.”“إِنَّ آيَةً مَابَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُنَافِقِيْنَ أَنَّهُمْ لاَ يَتَضَلَّعُوْنَ مِنْ زَمْزَمَ.

15. Air minum untuk orang-orang yang baik.

16. Menguatkan badan.

17. Tidak akan habis walau airnya selalu diambil.
Ada banyak keunikan tentang air zamzam ini, diantaranya mata airnya yang tidak pernah kering meskipun dipompa terus-menerus oleh jutaan orang dari penjuru dunia. Namun juga punya kontrol yang luar biasa sehingga airnya tidak sampai meluber, padahal jika dengan hitungan matematis mungkin saja bumi sudah tenggelam oleh pancaran mata airnya yang deras. Berikut penjelasannya.​

Permukaan air ZamZam adalah sekitar 10.6 kaki di bawah permukaan tanah. Adalah sebuah mukjizat dari Allah SWT bahwa ketika sumur Zam Zam dipompa terus menerus selama 24 jam tanpa henti dengan tingkat sedotan 8 ribu liter/detik, permukaan sumur akan turun hingga 44 kaki di bawah permukaan tanah.

TETAPI, ketika pemompaan berhenti, permukaan sumur segera kembali pada 13 kaki di bawah permukaan tanah setelah 11 menit.

18. Sumur tertua di bumi yang masih mengeluarkan air, umurnya lebih dari 5.000 tahun.

Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk mengunjungi Baitullah, tempat dimana Sumur zam-zam berada, sehingga kita dapat meminum air zam-zam, sepuas kita. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar